Jjimjilbang in Seoul

Bulan juni lalu saya kembali dapat kesempatan untuk pergi ke Korea Selatan. Kali ini bukan sengaja traveling tapi karena dapat tugas dari kantor untuk menghadiri Seoul Book Fair. Seharusnya teman saya yang ditugaskan pergi ke Seoul tapi entah kenapa visanya tidak kunjung keluar sehingga atasan saya meminta saya untuk apply visa juga. Ternyata visa saya diapprove. Rejeki saya deh akhirnya berangkat lagi ke Seoul. 
Karena bukan kali pertama pergi ke Seoul, maka saya juga ngga extend lama-lama. Cukup 3 hari aja. Dan rencana saya extend ini juga sekalian mengejar GD dan Taeyang di bandara Incheon karena mereka baru pulang dari konser di Kuala Lumpur. Selain itu, ada 2 niatan saya sebelum berangkat ke Seoul yaitu bungee jumping di Yuldong Park dan nyobain Jjimjilbang. Sayang sekali saya ngga bisa kesampaian untuk bungee jumping karena begitu saya sampai di Yuldong Park, di pintu masuknya ada tulisan "Sold Out". Padahal perjalanan saya dari hostel di daerah Hapjeong itu tidaklah dekat. Salah saya juga sih hanya berpatokan pada info di website yang memberitahukan kalau arena bungee jumping itu tutup pukul 8 malam tanpa ada informasi kalau pengunjungnya dibatasi setiap harinya. Jadi saran saya kalo mau bungee jumping di Yuldong Park ini, silakan reservasi dulu atau datang lebih pagi :)

Malam terakhir saya di Seoul, akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba Jjimjilbang. Apaan sih sebenernya jjimjilbang itu?hm...kalo lebih sederhananya, jjimjilbang itu sauna. Tapi sauna di sini agak sedikit beda dengan di Indonesia. Saya sendiri tau jjimjilbang dari drama dan reality show korea. Jjimjilbang ini sangat populer di korea sana. Bahkan tidak sedikit yang menginap di sini. Tadinya sayapun berencana untuk menghabiskan malam terakhir saya di Seoul dengan menginap di jjimjilbang. Tapi karena bawaan saya banyak dan khawatir ga muat di lokernya, yaudah deh saya tetep nginep di hostel aja tapi nyobain jjimjilbangnya mah teteup dong kan udah diniatin.

Sengaja saya mencari jjimjilbang yang tidak jauh dari hostel saya di daerah Hapjeong. Setelah bertanya kepada pemilik hostel, saya mendatangi salah satu jjimjilbang yang cukup terkenal di daerah Hongdae. Namanya Happy Day Spa. Sebenernya ngga terlalu susah nyari si Happy Day ini, cuma saya rada kelewatan gitu kemaren jadi aja sempet muter-muter gitu. Padahal dari exit 9 Hongdae stasiun itu tinggal luruuuus aja. Deket perempatan lampu merah kedua menuju Hongik University.
Tarif untuk jjimjilbang ini adalah 9000 won untuk 8 jam. Kita bakalan dikasih baju berupa kaos dan celana pendek berwarna pink buat cewek dan biru buat cowok, trus handuk dan juga loker buat naro barang-barang kita. Jangan takut kalo kelaperan karena ada kantin juga di sini. Nah, saking seringnya nonton drama dan reality show korea yang mengambil setting di jjimjilbang, saya juga pengen nyobain makanan dan minuman khas kalo jjimjilbang-an yaitu telur rebus dan rice wine.

Begitu saya masuk ke kamar ganti (cewek dipisah dong pastinya sama cowok), saya sempat kaget. Kenapa?karena kamar gantinya tidak seperti dugaan saya. Saya pikir kita bisa ganti baju di ruangan tertutup seperti kamar mandi gitu tapi ternyata ngga. Kamar ganti yang berisi jejeran loker itu bener-bener blong aja ga ada sekat. Dan sejauh mata memandang, banyak orang (rata-rata udah ibu-ibu sih) yang tidak berpakaian sehelai benang pun. Wahahaha saya langsung siyok. Kamar ganti ini menghubungkan kamar mandi (yang hanya berupa shower dan lagi-lagi tanpa sekat) serta kolam-kolam air panas untuk berendam. Jadi mereka pada santai-santai aja tuh naked ke sana kemari.
Saya yang masih agak siyok mulai ganti baju sambil nutup-nutupin pake handuk yang cuma seimprit. Terus abis ganti baju pake kaos en celana pendek itu saya langsung kabur ke ruangan sauna di lantai dua. Di ruangan sauna ini ada peralatan olahraga dan juga kursi pijit. Karena badan saya lumayan capek setelah sehari sebelumnya muter-muter ke Yuldong Park, saya mulai mencoba kursi pijit dulu. Kita harus masukin uang lagi ke dalam mesin ini. 1000 won untuk 15 menit lumayan deh bikin badan sedikit segar. Abis pijit, saya mulai masuk ke tempat sauna. Ada beberapa "igloo" di tempat ini. Tiap igloo berbeda suhunya. Ada yang 40°, 50° , sampai 60°. Saya akhirnya nyobain masuk ke yang 50°. 
Awalnya ngerasa panas banget tapi lama-lama enak tuh. Keringet keluar, badan jadi lebih ringan karena proses detoksifikasi mulai jalan. Tapi karena takut dehidrasi, saya akhirnya cuma tahan sekitar 15 menit aja. Abis itu?tidur di atas matras yang udah disediain. Baidewei, ruangan jjimjilbang ini emang enak buat istirahat sih. Kalo saya perhatiin orang-orang, malah langsung pada tidur gitu begitu mereka dateng. Buat yang pengen workout, ada gym juga. Buat yang bosen, ada PC dan mesin games juga. Enak deh buat kita-kita yang suka bermalas-malasan hahaha. Saya ngga lama-lama juga tidurnya, paling sekitar 1 jam-an gitu karena saya masih harus cari titipan temen  di Hongdae. Setelah agak segeran tidur, saya memutuskan untuk mandi biar tambah seger. Nah...seperti yang sudah tadi saya bilang di awal, kamar mandinya ini ngga disekat jadi semua mandi bareng. Kolam air panasnya juga barengan. Persis kaya onsen di jepang gitu deh. Akhirnya setelah saya menaruh kaos dan celana pendek di loker, mulailah saya memberanikan diri memasuki kamar mandi dengan badan bagian depan ditutupi handuk kecil. Hahaha sumpah awalnya saya bingung, malu, ga berani buat masuk ke kolam air panas tanpa memakai apapun. Tapi yasudahlah...karena yang lain pun sama ngga pake apa-apa, akhirnya saya pasrah aja kkkk.
Saya langsung berendam di kolam air panas itu sebatas kepala. Karena biar badan saya ketutupan air gitu, ga keliatan dari atas hahaha teteup walopun udah mulai berani tapi saya masih malu-malu ngga kaya ibu-ibu yang pada cuek aja jalan kesana kemari ga pada pake apa-apa. 

Abis berendam mulailah saya mengumpulkan keberanian lagi buat mandi di bawah shower yang tanpa sekat apapun itu. Oke, setelah keluar dari kolam, lagi-lagi saya berusaha menutupi tubuh saya dengan handuk seimprit dan langsung mandi plus keramas buru-buru wahahaha. Padahal yang laen mah nyantai-nyantai aja tuh :p. Fiuuuh finally selesai juga. Enak sih sebenernya abis sauna, dipijit, tidur, berendam di kolam air panas. Badan jadi fresh lagi dan semua capek langsung ilang. Tapi kalo inget gimana saya harus mengumpulkan keberanian buat "buka-bukaan", jadi senyum-senyum sendiri aja hahaha. Tapi beneran deh, buat yang mau ke korea kudu nyoba rasain jjimjilbang ini. Dengan catatan yah harus siapin nyali dikit dan mengendorkan urat malu tapi dijamin deh, worth it banget efeknya. Next project kalo ke jepang, saya juga mau nyobain onsen aahh...tapi yg female aja dong pastinya. Hahahaa :D

Commentaires

  1. Hi mampir karena lg cari info soal Jjimjilbang di seoul, wah jd beneran ya hrs tlanjang disitu?hihihi...kok kyknya ga pede yah...pengen nyobain tapi ga pede kalo hrs naked gitu..hiks
    Visit us: The Traveling Cows

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. hai...makasih udah mampir.
      Hm...sebenernya kalo ngga mau naked yah gausah mandi di situ. Cuma emang ngga ada ruangan ganti khusus gitu adanya cuma toilet tapi ngga bisa dipake mandi. Cuma kemaren kan saya abis masuk cave dan saunaan di dalemnya langsung jalan lagi, jadi ngga enak aja kalo abis keringetan gitu ngga mandi. lagian enak kok berendem air panas hihihi

      Supprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés