Film Dilan 1990: Sebuah Review (sepertinya...)


Image result for film dilan
Mumpung masih segar dalam ingatan, saya mencoba menuliskan pengalaman nonton dan datang ke premier film #Dilan1990 tadi malam. Kenapa saya menyebutkan pengalaman datang ke premiernya dan bukan hanya tentang filmnya? Karena ini penting HAHAHA.

Sebagai pembaca buku, ketika tahu sebuah buku akan diadaptasi ke film, terutama untuk buku yang disukai tentu saja saya cukup membuat saya was-was dong apalagi sejak info Iqbaal akan berperan sebagai Dilan yang sempat membuat heboh warganet dan pembaca garis keras Dilan. Well, saya tahu Iqbaal sejak dulu dia ikut gabung di Musikal Laskar Pelangi menjadi Trapani dan wlopun blm nonton film dia yang lain tapi lumayan kan udah ada beberapa film yang dia bintangi. Jadi menurut saya dia cukup memiliki dasar akting walopun memang masih agak kurang sreg saja dengan imajinasi saya tentang Dilan. Kalau soal Milea yang diperankan oleh Vanesha sih menurut saya gambarannya cukup oke lagipula sejak awal, si Ayah memang sengaja memperkenalkan Vanesha sebagai Milea jadi lama-lama sudah terbiasa. Lalu...warganet juga dikejutkan dengan penampakan trailer Dilan. Saat itu saya pun merasa agak sedikit kecewa terutama kepada Iqbaal karena di trailer itu gambaran Dilan sangat berbeda jauh dengan imajinasi saya. But hey, who am i? Yasudah lah ngga ekspektasi terlalu tinggi untuk film ini.

15 Januari sore saya diwhatsapp oleh teman saya yang kasitau kalau dapat "jatah" tiket premier yang tadinya akan diberikan kepada bos besar saya, saya langsung tanya dong apakah bisa hadir?ternyata tidak, jadi rejeki saya deh bisa nonton duluan hehehe.

16 Januari kemarin mulai deh tuh premier. Dengan ekspektasi yang rendah ditambah ketika saya tiba di CGV Grand Indonesia dan melihat dekorasi Gala Premier Dilan 1990, ekspektasi saya tambah rendah bahkan langsung pengen teriak jiiirr norak banget, kampring sumpah. Ya kali seisi CGV didesain bak pesta pernikahan dengan bunga-bunga artifisial di mana-mana, tampilan beberapa quotes yang diambil dari buku ditempel di beberapa sudut dan menurut saya lagi ga kalah noraknya adalah gate yang dipajang di eskalator dengan lagi-lagi dekorasi bunga artifisial di mana nanti para pemain turun dari eskalator itu sembari dadah-dadah ala Miss Universe *ngikik*. Trus ada #TeamMilea gitu juga yang di mana mereka yang masuk team ini (ga ngerti juga gimana cara daftarnya) dikasih bouquet gitu. Sampe-sampe kepikiran ini ntar di akhir film bakal ada adegan lempar bouquet gitu??






BUT HEY...Surprisingly the movie was good. Well, masih ada minus sana sini terutama dari segi teknis (awam ya) seperti make up yang tebal untuk anak sekolah, tone gambar yang kurang 90an, kurang berasa Bandungnya, but overall terutama dari segi cerita cukup terjaga dengan baik, mungkin ini karena ada campur tangan surayah juga di dalamnya. And guess what? Apparently, Vanesha dan Iqbaal chemistrynya dapet dan mainnya bagus, terutama Vanesha sebagai pendatang baru, aktingnya patut diberi jempol. Sebenarnya Iqbaal juga cukup oke hanya entah kenapa saya agak terganggu dengan tone dia berbicara. Masih kaku berasa mau baca puisi or deklamasi gitu di beberapa bagian. Mungkin kalau diberi kesempatan waktu latihan lagi (dikasih acting coach gitu misal), Iqbaal akan sangat pas memerankan Dilan. Buktinya saya ngerasa dapet banget dengan ekspresi muka Iqbaal di beberapa adegan yang tidak mengharuskan dia ngomong hehehe, coba perhatikan adegan cerdas cermat, muka tengilnya keluar dan pas banget sampe-sampe pengen dikekepin (dek iqbaal, kamu emesh anget sih? Sini-sini sama teteh yuk......😍😍) terus di adegan berantem juga ekspresinya dapet. Bagian menarik lainnya dari film ini adalah keberhasilan dalam membawa suasana dan nostalgia tahun 90an di mana saat itu belum terpenetrasi teknologi seperti smartphone dan internet sekarang ini. Berbalas surat, telepon tiap malam (lewat pesawat telepon tentunya bukan HP), main ke rumah teman bukan hangout di mall dan sebagainya. Oh bonus, cowok-cowok bakal dapet pick up line banyak banget buat deketin cewek yg mungkin dikit cheesy dan bikin cringe but somehow di sisi lain akan bikin baper dan bisa salting terus senyum-senyum sendiri (nah..di bukunya lebih lengkap sih hehehe) 

Film ini tentu jauh dari sempurna, namun bagi saya perasaan saya ketika nonton yang sering senyum-senyum sendiri dan after effect yang menyenangkan membuat saya lega dengan kekhawatiran selama ini. Baiknya lagi, anak jaman sekarang pun saya kira akan bisa menikmati filmnya dengan asik. Ngga percaya? Silakan nonton dan buktikan sendiri hehehe.

nb: Saya ngga sabar menunggu sekuel filmnya Dilan 1991. Kalo kalian ga sabar juga?bisa baca bukunya dulu yah, bisa langsung klik di sini *promo colongan*😄










Commentaires

Articles les plus consultés