Hotel vs Hostel

Saya terinspirasi nulis ini abis baca buku The Ho[s]tel karya mas Ariy dan mas Sony *skalian promo dikit hehehe*. Bukan bermaksud untuk membandingkan antara Hotel dan Hostel, tapi cuma pengen sharing aja.

Kalo dipikir-pikir sejak ketagihan jalan-jalan, ternyata saya cukup punya banyak pengalaman nginep di Hotel maupun Hostel. Saya pernah nginep di hostel yang sekamar berdelapan hingga nginep di hotel mewah yang sampe-sampe punya pantry sendiri. Bisa ketauan sih kalo pake biaya sendiri, pasti kantong saya hanya cukup untuk menginap di hostel saja hahaha. Yes, pengalaman nginep di hotel berbintang itu saya alami dalam rangka tugas kantor hahaha.

Saya ingat pertama kali nginep di hostel itu waktu saya dan teman-teman kampus jalan ke Singapura tahun 2011. Sebelum berangkat itu sempat terjadi DRAMA yang begitu menegangkan. Seperti biasa, saya sudah sejak jauh hari mengajukan cuti ke kantor tapi ternyata mendadak, pada hari-H ada meeting yang tidak bisa saya tinggalkan di Jogjakarta. Walaupun sempat protes, tapi tetap saja saya harus menghadiri meeting ini. Untung pesawat saya ke singapura itu berangkat jam 20.30 malam. Saya pikir, kalau pagi saya meeting di Jogja, masih ada waktu asal pesawat saya dari jogja ke jakartanya tidak delay. Saya akhirnya menitipkan paspor saya dulu ke teman saya agar bisa check in duluan. Kita sudah merencanakan sedemikian rupa tapi tetap Tuhan yg menentukan. Pesawat saya DELAY. Beruntung segala drama itu berakhir manis, saya masih bisa mengejar pesawat dan lari-lari dari pintu imigrasi sampai gate masuk pesawat. Nama saya juga bahkan sampai sudah dipanggil hihihi.

Anyway...balik ke hostel. Hostel yg saya tempati ini terletak di dekat stasiun mrt Aljuneid. Pertimbangan saya dan teman-teman ambil hostel ini adalah karena selain cukup murah (hanya 16sgd/mlm) juga karena cukup dekat dengan bandara. Kondisi hostelnya sebenarnya cukup oke tapi kami sangat terganggu dengan bau kaki. Hahaha. Jadi semua sepatu itu dibuka dan disimpan di luar pintu masuk hostel. Bisa kebayang deh kalo tuh sepatu2 dijejerin plus kaos kakinya eewww. Sisanya sih ga masalah. Kamar cukup nyaman. Kamar mandi juga bersih. Dapurnya juga oke. Yah cuma masalah di jejeran sepatu yg ditumpuk itu aja sih hahaha.
Kali kedua nyobain hostel itu di Vietnam, di HCMC dan Hanoi. Kali ini karena cukup murah, kami menyewa private bedroom. Jadi sekamar bertiga (pas di HCMC) dan berempat (di Hanoi). So far ga ada masalah. Lokasi oke, cukup mudah mencari makan, dan tempatnya juga bersih. Kebetulan setelah trip vietnam itu saya harus melanjutkan ke singapura karena ada kerjaan di sana dan kali ini saya nginep lagi di hostel di daerah Lavender. Belakangan, Lavender menjadi daerah favorit saya untuk menginap. Sudah 4 kali saya selalu menginap di hostel daerah Lavender ini dan so far semua hostel yang saya tempati itu cukup memuaskan ^^
Waktu saya ke korea, saya menginap di hostel yang direkomendasikan oleh teman saya. Karena ini merupakan perjalanan cukup jauh (dan lama) saya sendirian, maka saya benar-benar harus memperhatikan soal hostel ini. Di seoul saya menginap di kawasan Hongdae. Kenapa milih Hongdae?karena tempat ini bisa dibilang sebagai tempat anak muda korea gaul hehehe ditambah karena saya suka sama bigbang, ada rumor kalo para personil bigbang sering clubbing di sekitaran hongdae ini. Yah siapatau ketemu sama mereka hahaha. Selama 6 malam di Seoul, teman sekamar saya selalu berganti tiap malamnya. Dan karena mixed dorm, jadi udah siap-siap dong yah kalo sekamar dengan cowok. Dan ternyata cuma saya sendirian cewek di kamar itu hahaha. Agak sedikit awkward juga sih apalagi kalo pas saya mau sholat. Sempet agak gaenak gitu takut teman sekamar mikir yg aneh2, tapi untungnya aman2 aja hehehe. Yang punya hostel di Seoul ini orangnya baek banget. Walopun kadang terasa jutek tapi si Young oppa ini baek. Bahkan pas saya mau pulang, ngeliatin saya bawa barang banyak dan agak repot bawanya ke mrt station, dia dengan baiknya menawarkan untuk mengantarkan saya dengan mobilnya hahaha. Gomawo Young oppa ^^
Di Busan, saya nginep ga jauh dari Heundae beach. Pantai paling happening deh di Busan. Hostelnya lucuuu...banyak post it warna warni yg ditempel yg isinya testimoni para tamu hostel yg nginep di situ. Interior hostelnya juga seru. Anak muda banget deh. Agak sedikit beda sama hostelnya si Young oppa yg terkesan kaku, mungkin karena di busan ini yg ngurus juga masih anak muda hahaha. Kali ini saya menginap di female dorm.

Selama nginep di hostel2 itu cuma ada satu kejadian yang bikin saya agak gimana-gimana. Yaitu pas saya traveling ke Filipina. Dompet saya sempat hilang di kamar hostel. Kenapa sempat hilang?karena pada akhirnya tu dompet balik lagi tapi duitnya ludes. Jadi ceritanya waktu itu saya dan teman saya baru saja sampai di Manila. Kita baru check in dan memutuskan untuk mandi sebelum menjelajah Manila lebih lanjut. Nah, pas di kamar mandi inilah ternyata kejadian ilangnya dompet bermula. Emang sih salah saya ngga bawa dompet ke kamar mandi tapi biasanya cukup saya taro di dalem tas, aman-aman aja kok. Saya baru ngeh dompet ilang pas mau berangkat. Panik dong. Saya pikir saya lupa nyimpen jadi saya bongkar tas saya semua. Tapi nihil. Akhirnya saya pergi ke kamar teman saya yg lain (dia beda dorm) dan bilang kalo dompet saya ilang. Temen saya bilang supaya saya ngecek lagi tas saya. Oke, balik ke kamar saya ngecek lagi tas, eh ternyata tu dompet nongol. Lega dong akhirnya dompet ga jadi ilang. Segeralah kita semua pergi jalan. Kami memutuskan untuk naik jeepney. Pas mau bayar dan buka dompet, OMG!duit saya ludes. Yes ternyata dompetnya tadi itu beneran ilang, duitnya diambil terus dibalikin lagi dompetnya. Lemes banget deh. Mana persediaan peso saya dan teman saya ada di dompet itu lagi. Untungnya sih saya bukan tipe orang yang suka pegang uang cash banyak2, jadi pada saat itu peso saya ngga terlalu banyak, tapi ada uang yang lain. Ada rupiah, ringgit malaysia, dolar singapore, vietnam dong, korea  won dan usd hiks...ilang begitu aja deh semua. Walopun untungnya atm dan ktp saya ngga diambil. Tapi semenjak kejadian ini saya akhirnya selalu waspada. Selalu bawa dompet, hp, paspor ke mana2 termasuk pas lagi mandi. Serem juga kan kalo ilang lagi. Ngga lagi2 deh. Saya sih curiganya sama temen sekamar yg tidurnya di bawah tempat tidur saya. Tapi mau digeledah pun agak susah karena uang yang diambil pun saya ngga tau persis jumlah semuanya berapa dan udah telat juga karena ngehnya pas udah di luar hostel. Ditambah, si orang ini besokannya check out. Yah yah...pasrah dah

Lokasi menjadi pertimbangan utama saya dalam memilih hostel, selain memang review orang-orang sih. Harga menjadi pertimbangan berikutnya. Ga maksain harus murah daripada kudu jauh atau ga nyaman. Nah, hal ini penting banget buat saya. Kaya waktu saya milih hostel pas kemaren terakhir ke korea lagi. Kali ini saya milih di daerah Hapjeong, ga jauh dari Hongdae. Pertimbangan utama saya adalah karena Cooking Mr.M ini deket banget sama YG Entertainment!Hahaha ngarep banget papasan sama TOP pas balik ke hostel walopun itu ga kejadian hiks..


Kalo Hotel, saya sempet nyobain hotel macem-macem. Dari mulai hotel ga berbintang sampe hotel bintang 5. Kalo diinget lagi, baru 3 kali kayanya saya nginep di hotel super mewah dengan fasilitas yang bikin sirik banget hihihi. Pertama di daerah Nusa Dua Bali, kedua di Ubud Bali, dan terakhir di Bandung. Waktu datang pertama kali ke Hotel yang di daerah Nusa Dua itu, terus terang aja saya sampe kaget, kaget sama harganya hahaha. Karena kepo, saya langsung cek dong di agoda berapa sih harga kamar yang saya tempati. Ternyata per malam itu harganya USD239! Waks...hahhaha. Saat itu saya bisa nginep di hotel tersebut karena nemenin salah satu penulis saya yang diundang untuk mengisi annual conference salah satu brand nasional ternama di Indonesia. Jadi no wonder lah kami diberi fasilitas yang oke dan cihuy banget. Ngga kepikiran deh kalo harus mengeluarkan duit sampe segitu buat nginep cuma semalem aja hihihi. Tapi emang kamarnya mewah banget. Ada teras sendiri, tempat tidur besar dan empuk, kamar mandinya seru....antara kamar dan kamar mandi itu ada jendelanya, istilahnya open bathroom. Jadi kalo mau berendem di bathtub sambil nonton tv gitu bisa hahaha.


Nah, kedua itu waktu di Ubud. Kebetulan kali ini karena penulis saya berbaik hati ngajakin sekamar bareng dia jadi saya ngga usah booking hotel di tempat lain. Lagi-lagi saya kepo dong dengan harga kamarnya. Meluncurlah saya ke agoda dan ngecek berapa harga kamar per malam di situ. Dan ngga jauh beda dengan hotel di Nusa Dua, harga per malam di Ubud ini cukup mencekik leher (bukan leher saya sih, secara nginep di sini gratisan hahaha) yaitu USD308 per malam. Kalo diliat kamarnya sih gedean yang di Nusa Dua tapi ngga tau kenapa, walopun lebih spooky, saya lebih suka di sini. Apalagi kolam renangnya juara. Langsung menghadap ngarai gitu (pas di Nusa Dua ngga sempet nyobain kolam renangnya, padahal depan-depanan gitu sama pantai hiks) walopun jalannya lumayan jauh buat sampe ke kolam renang itu. Makanannya pun enak. Jadi enakan mana Hostel sama Hotel?ya enak Hotel lah...apalagi kalo dibayarin hahaha tapi saya seneng nginep di hostel karena kita bisa interaksi dengan sesama traveler. Kalo di hotel kan biasanya lebih individual jadi agak susah juga kalo mau ngobrol gitu. Tapi intinya yah tergantung pilihan sih, ada yang emang seneng nginep di hotel supaya lebih nyaman dan private, tapi ada juga yang seneng di hostel karena selain murah, kita bisa kenal sama orang-orang satu dorm paling ngga yang kadang malah bikin kita (at least saya sih) menjadi duta pariwisata indonesia terutama kalo traveling ke luar negeri. So, what is your choice? :)


Maya Ubud Resort and Spa Bali - River Cafe and Spa Pool


Commentaires

Articles les plus consultés