Trinity The Nekad Traveler Movie



Akhirnya setelah berabad-abad *okeh ini lebay* ga posting blog, *padahal draft banyak*, saya memutuskan untuk ngeblog lagi karena disuruh mba Trinity 😜🙈 ngga ding hihihi, emang pengen nulis aja lagi abis nonton film Trinity The Nekad Traveler. Review ini mungkin akan sangat bersifat personal dan berbau spoiler karena filmnya sendiri baru akan tayang 16 Maret nanti tapi ngga apa-apa ya... 😎 *kek banyak yang bakal baca ni blog ajah lu dit*

Alrite then....here we go!

Ngga seperti banyak buku yang diadaptasi ke layar lebar, nungguin TTNT movie ini ngga bikin saya deg-degan atau mikir ekspektasi yang jauh-jauh. Kenapa? Buku dan blog tulisan mba Trinity itu kan isinya kumpulan cerita pendek jadi saya ga kebayang juga sih gimana si penulis skenario bisa membuat jalan cerita dan menjahit semua cerita-cerita pendek itu dan tentunya itu ngga bikin saya khawatir juga karena sejak awal memang keliatan yang sangat dijual dari film ini adalah tokoh utamanya Trinity. Awal mula tau kalau Trinity diperankan oleh Maudy Ayunda, saya juga sempat ga nerima. Sebagai orang yang tahu dan kenal secara pribadi dengan mba T tentu perasaan khawatir "bisa ngga ya Mody bawain karakter Trinity sesuai dengan aslinya?" Tentu balik lagi berbeda dengan novel-novel yang diadaptasi jadi film, yang kebanyakan tokohnya fiksi, pembaca pasti punya imajinasi yang berbeda-beda tentang si tokoh. Tapi ini kan tokohnya beneran ada! Kenal pulak! Nah...kan jadi aja mikir yang macem-macem deh *lah tadi katanya ga khawatir, ini apah?* 🙈🙈 Dan untungnya kekhawatiran saya yang ini berlebihan dan ngga jadi nyata hehehe ntar saya bahas ya.

Tanggal 9 Maret lalu akhirnya rasa penasaran saya terbayar saat datang dan menonton TTNT movie di Plaza Senayan Jakarta. Fyi, sebenernya Jakarta malah jadi kota terakhir untuk acara premiernya. Lampung yang memang ikut support dalam produksi film ini didapuk untuk menjadi kota pertama yang menyelenggarakan premier TTNT, disusul kemudian Yogya dan Solo baru Jakarta. Secara garis besar sebenernya saya udah dapet bocoran soal film ini baik secara langsung saat ketemuan ataupun waktu gosipan di grup whatsapp tapi tentu saja tetap penasaran kan jadinya seperti apa?

Seperti kebanyakan film indonesia sekarang, film dibuka dengan banyak iklan sponsor, nah jadi tau deh siapa aja yang produknya bakalan muncul di film ini 🙈🙈. Bah...kapan review filmnya inih???? Ok, TTNT movie ngambil sudut pandang orang pertama, dibuka dengan narasi, ini perlu karena tidak semua orang yang nonton pasti udah pernah baca blog, buku, atau tahu tentang siapa itu Trinity. Jadi tentu aja harus dikasih gambaran dulu tentang si Trinity itu sendiri. Bagi yang ngikutin mba T dari dulu, tentu tahu kalau dulu beliau *waks* adalah seorang mbak-mbak kantoran biasa. Nah plot ini yang dibangun di awal film. Ini juga memang karena film TTNT diadaptasi dari buku TNT 1 & 2 yang saat itu ceritanya banyak ditulis oleh mba T sendiri saat masih jadi mbak-mbak kantoran. Dan menurut saya ini sangat relate banget dengan keadaan banyak orang. Nah saya ga bahas lagi soal jalan cerita karena ntar silakan ditonton aja ya. Cuma pas awal-awal Maudy keluar, saya mulai merasakan kehadiran mba Trinity yang asli di depan layar. Pas narasi dari Maudy bilang "ini cerita gue...." terus ada tulisan Trinity The Nekad Traveler gitu, masa saya mewek sih?😭😭😭 Hahaha orang mah mewek abis nonton pelem, ini pelem baru mulai udah mewek 🙈. Tapi beneran, saat itu saya ngerasa senang bahagia karena mikir, setelah bertahun-tahun, akhirnya ni film jadi juga! Tau banget ceritanya dari dulu, maklum sebelum kenal pribadi dengan mba T, saya salah satu pembaca pertama bukunya yang terbit tahun 2007 *buset udah 10 tahun aja* lalu.

Pertanyaannya, gimana film ini? Bagus ngga? Hm....soal bagus atau ngga itu relatif. Tergantung selera *ah maen aman lu dit* tapi saya sangat terhibur. Filmnya menyenangkan, lucu, dan bikin saya pengen jalan-jalan lagi terutama di Indonesia. Nah soal Maudy gimana? Surprisingly, Maudy ternyata sangat menjiwai karakter Trinity ini. Saya ngga tau apakah memang saat produksi dimulai atau sebelumnya, Maudy konsultasi khusus dulu dengan mba T atau ngga. Tapi balik lagi ini mungkin personal, bagi yang kenal mba T, Maudy berhasil memerankan mba T. Saya inget adegan di Lampung saat Trinity baru ketemu cowok lokal trus kenalan, ngajak makan, dan ngajak pergi ke anak Krakatau. Buset....itu mba T banget! Pick up line-nya dapet. Apalagi waktu pas ketemu Paul yang diperankan oleh (babang unch unch) Hamish Daud, di situ diceritain Trinity minta nomor telepon duluan! Ini beneran dia banget dah! Walopun soal dialog pertama antara Trinity dan Paul "Elu traveler ya?" "Iya, elu juga ya?" Errrr...sempet agak gimana-gimana. Karena bagi saya, traveler sejati ngga bakal bikin label apapun dan nyebut dirinya traveler. *anyway bagian ini udah saya protes langsung ke ybs* Untungnya soal traveler atau bukan ini ngga dibahas lagi. Jadi aman.
Setelah soal bagian awal yang Trinity narasi "Ini cerita gue..." yang bikin saya mewek sampe bagian ketemu babang Hamish, jujur aja saya belum ngerasa sreg sama jalan ceritanya, yang bagian setting di Lampung itu jadinya agak terlalu maksa dan keliatan kaya iklan pariwisata daerah. Tapi untungnya, abis itu jalan cerita jadi semakin menarik. Oh iya, di film ini ada adegan kantor Trinity kedatangan Tompi dan diceritakan kalau Trinity itu ngefans banget sama Tompi. Nah sebenernya cerita Tompi itu ga lain adalah cerita mba T tentang yayang Ariel 😚😜. Buat yang ngikutin mba T dari awal, tentu tau dong gimana ngefans dan cintanya mba T sama Ariel?*yang sekarang sudah jatuh ke dalam pelukan mama Sophia* #Jleb. Konon sebenernya Ariel udah ditawarin untuk ikutan di film ini tapi ga bisa, jadi deh dicari gantinya yang lain...hihihi kalo beneran Ariel ikutan maen, pasti epik banget!

Selain Lampung, film ini ngambil shooting di beberapa daerah dan negara. Konon soal lokasi shooting juga konsultasi dulu dengan mba T. Selain Indonesia, Maladewa dan Filipina menjadi 2 negara pilihan. Kalau Maldives tentu menurut saya karena pertimbangan pasar. Namanya juga film, visual harus tetap diutamakan dong. Kalo soal Filipina, saya tau banget karena selain Indonesia, Filipina adalah negara favorit mba T sendiri dan bahkan mba T ngelanjutin sekolahnya pun di Filipina. Tapi bagi yang udah pernah ke Filipina terutama Manila, awalnya saya heran kenapa lokasi shooting yang diambil kok yang biasa banget ya? Manila punya Intramuros, kawasan kota tua yang unik dan daerah Greenbelt misal yang lokasinya tepat di depan kampus AIM, kampusnya mba T. Eh ternyata keheranan dan pertanyaan saya terjawab setelah baca blog ini https://madeandi.com/2017/03/10/bukan-naked-tapi-nekad-traveller-sebuah-review-film/  iyes....jalan-jalan itu kita ngga selalu dihadapkan dengan yang bagus-bagus aja. Karena memang sesuai dengan namanya, tulisan mba T di The Naked Traveler filosofinya bukan hanya nekad tapi juga naked artinya tulisan yang apa adanya, gamblang, jujur.

Kayanya review ini udah mulai kepanjangan.... Nah pokoknya setelah nonton TTNT movie ini perasaan saya campur aduk. Apalagi setelah kenal dengan mba T kurang lebih 8 tahun dan juga hampir kenal semua karakter asli yang ada di filmnya, saya cuma bisa bilang I'm a proud friend, reader, and fans. Btw, saya harus kasih credit untuk akting Ayu Dewi dan Babe Cabita yang berhasil membuat saya terpingkal-pingkal selama kurang lebih 100 menit dan juga Rachel Amanda yang menurut saya pas memerankan Yasmin *bok...aslinya emang jutek 🙈 tapi baek kok hihihi* serta Pak Yadi Sugandi as DoP yang berhasil memanjakan mata saya dengan gambaran yang indah banget terutama saat di Labuan Bajo dan Ramang-Ramang. Bener-bener balik nonton langsung pengen packing dan pergi jalan-jalan. Ga lupa, di akhir film, lantunan lagu Satu Bintang di Langit Kelam gubahan mba Dewi Lestari yang dinyanyikan ulang oleh Maudy, bikin pas buat nutup film ini. Oh iya buat yang penasaran, the real Ezra sempet nongol di film yang jadi temennya Trinity di kantor dan the real Yasmin, fotonya nongol setelah credit title jadi jangan langsung beranjak dari bangku penonton ya nanti begitu filmnya usai 😎 Btw untuk Mr.X juga beneran loh ada aslinya, makanya....beli dan baca bukunya biar ga penasaran!

Last....once again. Congrats mba! After all this time! Ditunggu TTNT movie 2-nya ya *oooppss*


Commentaires

Articles les plus consultés