A Story From BIGBANG's Concert: MADE In Jakarta

cr: YG Ent
Beberapa hari ini sosmed ramai dengan pemberitaan konser Bigbang di Indonesia. Timeline saya juga cukup riuh karena ini, bukan karena senang karena habis nonton Bigbang tapi kebanyakan ceracau orang-orang itu bernada negatif dan menyalahkan promotor konsernya. Bahkan sampai ada petisi online yang meminta pertanggungjawaban promotor. Ada apa gerangan? Biasanya kalau habis nonton konser, apalagi ini Bigbang yang sangat saya tunggu-tunggu setelah 3 tahun tidak mengeluarkan album baru, saya pasti ada semacam post concert syndrome yang positif tentunya. Namun sayang sekali kali ini tidak. Nope, bukan karena penampilan Bigbang itu sendiri tapi yah sesuai dengan isi petisinya itu, banyak sekali penonton yang merasa dikecewakan bahkan mungkin jika ini diajukan ke pengadilan (entah bisa atau tidak) bisa termasuk ke dalih penipuan atau fraud *okeh, ini gw kebanyakan nonton serial crime*. 

Sebenarnya kekecewaan saya tidak seperti teman-teman lain di kelas VIP, saya membeli tiket kelas PINK yang sebenarnya satu area dengan VIP, tapi as a fellow VIP (Bigbang's fans) saya ikut marah juga sih. Hari itu tanggal 1 Agustus, saya sudah bersiap-siap menuju lokasi. Teman saya beberapa sudah sampai lokasi namun karena kami ingin menikmati konsernya saja (atau bisa dibilang pemalas juga), kami ngge segitunya niat untuk datang lebih pagi demi mengantri. Ini sebenarnya sudah bisa diprediksi dari beberapa konser Bigbang yang pernah saya tonton. Pertama kali itu saya menonton Bigbang tahun 2012 di Singapore Indoor Stadium dan tiket saya duduk dan ada nomornya jadi ngga harus ribet juga antri dari pagi toh udah pasti masuk. Nah waktu bagian konser di Jakarta di tahun yang sama, saya pertama kali merasakan mengantri dari pagi. Konser dimulai jam 18.30, pintu dibuka jam 16.00 dan saya datang di MEIS jam 8 pagi karena tiket saya festival dan saat itu memang masih euforia pengen ngeliat mereka dari dekat. Hasilnya?memang saya berhasil berdiri di depan tapi saya agak kurang menikmati karena sudah capek, energi saya terkuras karena antri dari pagi plus di bawah sinar matahari langsung, ditambah lagi area depan itu sangat padat sampai ada banyak penonton yang jatuh pingsan. Setelah kejadian itu, saya pikir lebih baik saya simpan energi saya supaya bisa lebih menikmati konser. Makanya waktu nonton konser GD One Of A Kind, 2NE1 atau Taeyang, saya sengaja dateng santai aja dan benar, walopun ngga dari dekat, saya lebih happy dan bisa berlarian ke sana kemari sambil sing along nikmatin konsernya. Berkat pengalaman itulah saya dan teman-teman lainnya sepakat menonton konser kali ini santai aja, ngga antri dari pagi dan ga masalah dapat bagian agak belakang, toh tiket kami masih cukup di bagian depan.

Berangkatlah saya ke ICE dengan hati senang, maklum sudah hampir setahun ngga ngeliat mereka langsung hehehe. Baru kali itu saya pergi ke ICE. Berbekal google map, saya dan abang taksi langsung nyari-nyari alamatnya. Ternyata ICE itu guedeee banget. Ada 10 hall. Teman saya yang sudah sampai bilang kalau mereka menunggu di depan hall 10. Oke sip saya langsung menuju ke sana. Sewaktu melewati ICE sambil nyari hall 10, saya sempat heran. Selama perjalanan saya itu, sama sekali ngga ada tanda apapun mengenai konser Bigbang ini. Ada juga yang banyak spanduk acara lain di ICE. Keanehan pertama. Beda banget waktu konser Alive dulu di mana promotor sampe pasang iklan di mana-mana. Ini kok kesannya Bigbang ngga disambut dengan baik sik?Hati saya kan terluka *beeuh* Sampai di hall 10, saya mulai mencari teman saya. Saya liat udah banyak orang antri di dalam ICE. Entah antri tiket kelas yang mana. Ngga ada keterangan sama sekali. Sinyal hp juga susah banget, untungnya ga lama saya ketemu sama rombongan teman-teman saya. Kami sempat ngobrol-ngobrol santai dan foto-foto sambil nunggu jam 5. Akhirnya setelah jam 5, kami memutuskan untuk masuk antrian. Begitu masuk ke hall 10 ternyata tidak ada petunjuk yang berarti. Antrian sudah mengular tapi kalau ngga nanya, saya dan teman-teman ngga tau itu antrian kelas apa. Akhirnya nemu juga deh antrian PINK setelah bertanya ke sana ke mari. Teman-teman saya mulai mengantri, saya yang mulai kelaparan, langsung mencari makanan dulu sebelum masuk ke tempat konser. Kebetulan pada saat itu memang ada banyak food truck di hall 10 itu. Tapi ngga jauh dari jejeran food truck itu kok saya melihat antrian lagi, akhirnya saya dekati mas-mas penjaganya aja sambil nanya kalau itu antrian yang mana. Masnya nanya balik saya, tiket saya apa, begitu jawab pink, dia langsung bilang, "sini mba langsung antri di sini aja, udah mau masuk". Lah, kok aneh. Akhirnya saya ngga jadi beli makanan dan langsung menuju gerombolan teman-teman saya yang sedang antri jauh di belakang buat kasitau kalau pink udah bisa masuk. Tapi ternyata untungnya ga lama, antrian yang di belakang itu juga sudah mulai maju dan setelah kelas vip semua masuk, giliran kami yang kelas pink diperbolehkan masuk. Kejadian aneh berikutnya itu saat tiket dan tas kami diperiksa. Mungkin para penjaganya belum biasa atau emang telat pas mau masukin penonton, kami semua langsung dikasih gelang sticker dan suruh pasang sendiri-sendiri. Belakangan malah saya baru tau antrian yang jauh di belakang kami bahkan ngga discan. Masuklah kami ke arena konser dan langsung kecewa ngeliat stagenya. Gila, kecil bener. Tambah kecewa lagi begitu tau di bagian vip dan pink itu orangnya banyaaak banget. Emang mereka jual berapa tiket sih? Dan lagi-lagi ketauan kalo vip yang katanya limited itu dijual 1200 tiket. Belum lagi karena panggung kecil, jarak saya dengan panggung itu jauuuh banget. Baru kali ini di festival tapi dapet tempatnya ngga okeh.

Jam 18.30 sudah lewat tapi belum ada tanda-tanda konser dimulai. Gimana ngga coba?kiri-kanan kelas vip dan pink itu belum ada orang. Yes, penonton Yellow belum boleh dikasih masuk. Mulai senewen, ini konser bakalan mulai jam berapa? Okeh, ngga lama kemudian mulai berdatanganlah penonton kelas Yellow dan disusul kemudian Red, Purple, Grey dan Orange. Sekitar jam 7 lewat konser baru dimulai. Teman saya yang beli tiket kelas Grey ternyata masih belum masuk juga sampai jam 19.30. Astaga...padahal konser udah setengah jam dimulai. Rugi banget! Ah sutralah karena ngga mau bad mood menjelang konser, saya dan teman-teman mulai berpikir positif aja dan akan seru-seruan deh sepanjang konser itu. Dan lagi-lagi, selama kurang dari 2 jam (yes, it was less than 2 hours) Bigbang never fails me. Kami bisa sing along sepanjang konser bahkan celutukan-celutukan dari para member BB terutama Seungri yang emang paling cerewet (sampe-sampe kehabisan waktu dan ngga bisa encore lagi) cukup bikin saya lupa sejenak dengan kebetean awal. Walaupun sempat terjadi chaos sedikit di depan, ini ketauan karena lagi-lagi Taeyang dan Jiyong "marahin" vip untuk tidak saling dorong karena ada beberapa yang pingsan dah harus dievakuasi, tapi penampilan mereka mampu membius ribuan vip yang sudah menunggu lama dari pagi. Ditambah lagi di akhir konser Jiyong meneriakan "This Is The Best Show Ever!" Thank you so much!!! Despite of all the sucks things that happen during the concert, i'm sure that we can give the best crowd ever for you guys! So, jangan kapok ya buat mampir ke Jakarta, semoga lain kali kami harus dapetin promotor yang jauh berkelas dan berkualitas dan yang pasti kami akan selalu akan memberikan yang terbaik juga buat kalian. Hiks, jadi sedih karena mungkin ini konser terakhir sebelum kalian akan wajib militer. Hope we will meet again. Always keep the good team work and also produce the best song for us. Love you guys until whenever.


nb: Ditulis saat Bigbang merayakan anniversary mereka yang ke 9. Happy Anniversary Bi9Ban9


Commentaires

  1. Haii!!! Btw aku blm pernah nonton konser sama sekali. Nah kak aku mau tanya gimana cara beli tiket konser scr online??? Sebernya masih ada lagi sihh. Aku tunggu ya balesannya soalnya emang aku bner2 gak tau apa2. Oh ya. Agak sedikit lancang. Aku boleh tau akun sosmednya gak??? Atau email. Makasih bgt yaaa

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, biasanya sesuai yang ditunjuk oleh promotor. Kadang di tiket.com, ibudibyo, rajakarcis dll. Kalo mau beli online memang sebaiknya yg sudah ditunjuk oleh promotor ya, khawatir ada tiket palsu soalnya. Akun twitter aku @quoide9. Email bs ke ditta.sekar@gmail.com

      Supprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés