Serba Serbi Bigbang Osaka Dome Concert 2014

Awalnya saya dan Sitta ngga ada niat bahkan mungkin pikiran sama sekali buat nonton konser Bigbang sampe ke Jepang. Kami memang udah punya rencana untuk traveling bareng ke Jepang itu sejak tahun lalu. Tadinya kita mau berangkat sekitar bulan Juli karena mencocokan jadwal saya yang pada saat itu ada rencana untuk dikirim ke Jepang oleh kantor, tapi karena tiba-tiba saya akhirnya malah di kirim ke Korea, walhasil niat ke Jepang tahun lalu harus dipending, ditambah tabungan kami pada saat itu belum cukup hehehe
Tiba-tiba keluar info kalau Bigbang akan mengadakan Dome Tour Concert di Jepang dari bulan November 2013 - Januari 2104. Mulai deh "setan" berbisik, eh kenapa ngga kita jadiin traveling ke Jepang tahun depan aja sekalian nonton konser Bigbang? Dan saya yang memang mudah termakan iming-iming Bigbang, langsung mengiyakan usul Sitta itu (sori sit, elu jadi kesannya jelek banget di sini hahaha XD).
Jadi buat sebagian besar teman-teman kami mungkin mengira kalau perjalanan kali ini khusus untuk nonton konser, no..no..bukan itu. Konser Bigbang itu bonus aja, kita berdua emang udah sejak lama merencanakan traveling ke Jepang ini, nah kebetulan Bigbang ada konser, yaudah deh disamain aja jadwalnya hihihi, kita ngga cukup tajir untuk ngikutin Bigbang ke mana aja kok, ini juga merih, hasil merih selama setaunan kok *lah malah curcol* malah kita sengaja supaya hemat. Bisa traveling sekaligus nonton konser :)
Nonton konser di Jepang kan susah, ribet, betuuuulll...itu yang kami hadapi. Apalagi untuk beli tiket, kalau mau dapet tempat yang oke, harus jadi official fans gitu. Dan untuk jadi member VIP Jepang, harus punya ID sana, yaaah jadi gimana dong? Untungnya si Sitta ini pergaulannya soal per-Bigbang-an cukup luas, bahkan mungkin sangat luas. Bayangin aja, beberapa kali saya traveling sama dia, kami selalu ketemuan dengan VIP di negara yang bersangkutan. Sebut aja Singapura, Vietnam, dan Filipina. Mungkin kalo nanti kami pergi bareng lagi ke mana kek gitu, Myanmar, Kamboja, Hongkong, US, Chile, Brazil, Peru *amin amin*, kita bakal bisa nemuin VIP temennya Sitta ini hahaha. Nah, kali ini kita dapet banyak banget bantuan dari VIP Jepang yang awalnya kenal sama Sitta karena T-Shirt. Yes, jadi ceritanya Sitta ini reseller T-Shirt OhHardPop yang khusus jualin ke luar negeri dan customernya Sitta ini ada di mana-mana, termasuk Aki, VIP Jepang yang akhirnya bantuin kita buat beli tiket. Sistem penjualan tiket konser di Jepang juga beda. Selain tadi yang saya bilang di awal kalau hanya orang Jepang aja yang bisa beli, ada sistem lotto juga alias undian. Maksudnya untuk bisa beli ni tiket, harus diundi dulu (ini baru mau beli loh) dan sistem seatingnya juga diundi. Ribet ya? Jadi ngga bisa milih mau beli tiket kelas apa karena semua satu harga. Bisa jadi dapet duduk dekat stage, atau bisa juga malah di tribun paling atas *sighs fair sih tapi rempong amat*.
Singkat cerita ternyata kita dapet juga tuh lotto dan bisa beli tiketnya walopun gatau nanti tempat duduknya di mana, berharap aja kalopun di tribun, ngga yang paling atas, secara ini di Kyocera Dome yang gede banget dan kapasitasnya sampe 35.000 orang, kalo dapet paling atas, wassalam deh hahaha. Awalnya saya berencana nonton dua hari berturut-turut tapi karena ada kabar kalo Sung Si Kyung juga ada konser di Jepang, yasud deh saya ikhlaskan hanya menonton satu hari. Tiket saya yang ngga jadi itu akhirnya dibeli sama Rei, temen kita juga dari Balikpapan yang di akhir-akhir memutuskan untuk ikut traveling dan nonton konser bareng sama kita :) 
Selain nonton konser, kita niat buat nonton rehearsal juga. Tapi ngga seperti di indonesia di mana tiket rehearsal dijual, buat ngedapetin tiket rehearsal ini (lagi-lagi) ditentukan oleh lotto. Cuma karena ngga jelas dan ngga ngerti caranya (semua instruksi dituliskan dalam bahasa jepang) dan hanya dapat info dari temen kalo untuk ikutan undian ini, kita cukup beli CD/DVD Bigbang aja. Tapi masalahnya pas kita ngantri buat beli, disuruh isi form gitu yang isinya tentu saja berbahasa jepang yang kita ngga ngerti hehehe. Akhirnya saya foto papan pengumuman dan formulir itu terus saya kirim ke Hiro, teman saya orang jepang yang pinter bahasa indonesia. Sebenernya kita udah nyoba buat nanya gitu sama beberapa orang yang ngantri tapi karena sedikit sekali orang jepang yang bisa bahasa inggris, walhasil usaha itu sia-sia, daripada ngga jelas yaudah deh minta bantuan Hiro buat translate hehehe.
Ternyata form itu berisi beberapa produk yang akan rilis. Ada CD, DVD, dan juga playbutton. Jadi sistemnya pre order gitu. Dan di form itu kita bisa pilih beberapa produk. Satu produk bisa dapetin satu nomor undian. Jadi semakin banyak beli, semakin besar dapet kesempatan untuk dapetin hadiahnya. Hadiah ini bukan cuma 300 free pass untuk rehearsal tapi juga ada 1000 foto bertanda-tangan para personil Bigbang dan 100 free pass untuk VIP ber-HI5 sama Bigbang setelah konser *OMG* Tapi karena kita datang agak telat dan masih sibuk ngantri, akhirnya kita kehilangan kesempatan buat ikut undian dapetin free pass rehearsal. Sayapun bilang sama Sitta untuk mundur aja deh, ngga terlalu minat untuk yg foto walopun kalo yang hi5 itu menggoda banget, tapi saya ngga terlalu percaya pada luck saya pada saat itu. Akhirnya cuma Sitta aja yang order dan dapetin satu nomor undian. 
Sambil nunggu Sitta ngantri buat menarik nomor undiannya (yup lagi-lagi antri, did u realize guys *i mean Bigbang*, betapa antri ini akhirnya jadi kebiasaan saya setiap konser kalian XD), saya mulai mendekati booth undian ini. Nyadar ga sih kalo orang jepang itu percaya banget sama yang namanya LUCK? Kesempatan buat beli tiket diundi, sistem seating juga undian, dan kali ini buat rehearsal juga diundi. Untuk saya yang orang indonesia, hal ini terus terang aja baru dan unik. Tapi kadang jadinya jadi ngeselin karena itu tadi, kadang kalo soal mengandalkan keberuntungan kaya gini, saya ngga ada bakat. Bakat saya itu ketemu artis di bandara. Ga percaya?hahaha nanti saya ceritain belakangan.
Orang-orang yang udah pada dapet nomor undian berbaris rapi menunggu giliran menarik undian. Sistem pengundiannya itu kita ambil salah satu (kayanya) sumpit dari tempat semacam kaleng bundar gitu. Kalau di ujung sumpit itu ada tanda tertentu, artinya kita berhasil dapetin salah satu hadiah. Serunya ngeliatin ini, kalo ada orang yang berhasil dapet hadiah, si mas-mas penjaganya akan membunyikan lonceng sambil berteriak (ini mah saya kira-kira aja ya :p) "Selamat!" Eh pas saya lagi niat ambil foto orang yang ambil sumpit ini, ga sengaja ternyata dia menang hahaha. Beruntung banget sik  *sirik*. Gimana nasib peruntungan Sitta?sayangnya dia belum beruntung. Satu-satunya kesempatan ambil undian yang dia punya tidak menghasilkan. Hahaha *loh kok gw malah ngetawain elu sih sit?*
Karena ngga jadi nonton rehearsal, akhirnya kita muter-muter sekitaran Kyocera Dome aja sambil nunggu Aki. Yup, hari ini akhirnya kita bisa ketemuan sama Aki yang udah banyak banget bantu kita. Hari sebelumnya Sitta dapet seatingnya lumayan oke, cukup dekat dengan panggung yakni di tribun lantai 3. Tapi hari ini ternyata seating kita harus di lantai 5. Jauh ya?hiks, tapi mending deh karena yang paling atas itu lantai 7. Security konser ini cukup strict. Ngga boleh bawa kamera. Denger-denger di konser day 1, ada penonton yang dikeluarin dari arena karena ketauan ambil foto *omo* dan menurut cerita Rei yang udah nonton hari sebelumnya, dia juga sempet kena tegur petugas waktu ambil foto. Waaahh. Saya tetep bawa kamera sih, niatnya mau nyuri-nyuri ambil foto di saat petugasnya ga berkeliaran hihihi.
Kami janjian sama Aki di dekat Gift Box karena sebelumnya Sitta mau kasih hadiah dulu buat Jiyong. Sebelumnya Aki pernah bilang ke Sitta kalau jangan kaget nanti pas ketemu karena dia itu usianya di atas kita jauh, dan memang ternyata begitu Aki datang bareng rombongan teman-temannya, agak sedikit surprised juga saya, tapi sekaligus salut karena mereka bisa dibilang VIP sejati juga loh, Aki itu jauh-jauh dateng dari Saitama ke Osaka untuk nonton konser ini. Eh pas ketemu dia kasih hadiah gitu ke saya dan Sitta, aduh jadi terharu, udah mah ngerepotin yah minta tolong dibeliin tiket, ini sampe sempetin kasih hadiah gitu ke kita. Pokoknya nanti kalau dia dateng ke Jakarta, kami berdua pasti bakalan dengan senang hati nemenin dia jalan-jalan di sini. Arigatou Aki-san :)
Aki (jaket kuning)
Kita ngga bisa lama-lama ngobrol sama Aki karena konser akan segera dimulai. Segeralah kami mencari tempat duduk kami di lantai 5 itu. Hm, walaupun cukup jauh tapi not bad lah, masih bisa liat lumayan jelas performance mereka. Untuk Japan Dome Tour Concert ini WINNER, grup boyband baru bentukan YGent didapuk untuk menjadi opening act. Saya excited banget juga sama WINNER ini apalagi sama Mino hihihi. Seneng karena bisa liat dedek dedek gemes itu perform untuk pertama kalinya. Walaupun memang mereka masih butuh jam terbang yang cukup tinggi, tapi penampilan mereka sangat tidak mengecewakan. Setelah WINNER tampil, mulailah performance yang sesungguhnya keluar. Gilaaaa, merinding saya, liat penonton yang memenuhi Kyocera Dome, apalagi waktu lampu dimatikan dah hanya keliatan cahaya kuning-merah dari lightstick Bigbang, saya speechless ngeliat pemandangan berharga itu. Indah banget. Lagu Haru Haru menjadi lagu pembuka di konser kali ini. Saya dan Sitta langsung berdiri, teriak-teriak dan ikutan nyanyi sambil joged-joged ga jelas gitu. Kalau Bigbang nyanyiin lagu mereka yang versi Jepang, kami tetap menyanyikannya dengan bahasa korea, karena hafalnya yang korea itu. Sontak saja sepertinya kelakuan "aneh" kami agak menjadi sorotan dari penonton di sekitar kami (keliatan dari gaze mereka ke arah kita hihihi) karena sebenarnya yah, orang Jepang itu kalo konser cenderung tertib. Mereka ngga akan nyanyi kalo ngga disuruh sama artisnya. Jadi emang beda banget ambience konser di Indonesia dan di Jepang. Di Jepang, mereka nikmatin konser hanya dengan mendengarkan dan kadang paling fanchant sedikit, di sini?kita sih bisa dibilang sekalian karokean hahaha. Saya sama Sitta sih sebodo amat dicap aneh, mereka pasti tau kok kalau kami itu orang asing. The show must go on XD.
Anyway, Bigbang never fails me. 3,5 jam ngeliat konser mereka, saya bener-bener puas. Apalagi karena Jepang sudah seperti negara kedua bagi mereka, di konser ini mereka sangat keliatan santai dan nyaman banget. Seperti biasa, Seungri yang paling banyak ngomong, yah secara emang sih kemampuan berbahasa Jepang dia paling oke dibanding personil yang lain. Masing-masing personil juga dapet kesempatan buat perform solo. GD bawain Crayon dan Crooked, Taeyang nyanyiin Wedding Dress, Only Look At Me dan single terbarunya Ringa Linga, Seungri bawain What Can I Do, Gotta Talk To You dan Lets Talk About Love secara medley, TOP nyanyiin Turn It Up dan tentu saja Doom Dada. Yang ternyata bikin saya surprised yaitu penampilan Daesung. Dia bawain Wings seperti biasa dan satu lagu Jepang gitu judulnya Joyful. Lagu ini seru banget dan kayanya sangat familiar di Jepang. Pada saat Daesung nyanyiin lagu ini, feelnya beda aja. Apalagi koreografi lagu ini lucu dan seru. Ditambah pas liat ekspresi muka Desung waktu nyanyiin, asli bikin pengen ketawa banget. Interaksi yang Bigbang lakukan juga seru, walopun saya ngga ngerti apa yang mereka bicarakan, tapi kalau ngeliat dari berhasilnya mereka memancing tawa seisi Dome, pasti mereka lagi ngelawak deh. Srimulatan kalo kata Sitta mah. Baidewei, saya juga sempat menuliskan liputan tentang konser Bigbang ini di detik.com loh hihihi, silakan kalo mau baca liputannya di sini

Commentaires

  1. Wuah serruuu, ke jepang + nonton konser habis berapa duit? T.T aku pengennn hahah >.< MADE Tour besok nonton nggak? Ada sosmed? Ntar aku follow kkk ;D

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Hahaha iya seru bangt. Hm...nah itu dia, pengen banget nomton lagi tahun depan karena lagi-lagi januari mereka konser di Kyocera Dome Osaka tapi masih mikir2 hehehe. Buat budget, kmaren sih abis sekitar 15jt untuk 2 minggu perjalanan. Twitter aku sama kok @quoide9 :)

      Supprimer
  2. Ce commentaire a été supprimé par l'auteur.

    RépondreSupprimer
  3. Saya rencananya mau traveling ke osaka tanggal 23-31 Januari nanti. Dan baru tau GOT7 mau konser di sana akhir Januari Bisa minta tolong ga gimana cara beli tiketnya? :'(

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo...coba ngecek di http://www.viagogo.co.uk/Osaka/Concert-Tickets/GOT7-Tickets ya. Waktu dulu saya pesan lewat teman tapi ini bisa juga sih. Good luck!

      Supprimer
    2. jatuhnya mahal banget mbak :( beda 10000 yen dibandingkan klo beli di sana.

      Supprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés