Japan, finally... ^^

Akhirnya setelah sempat tertunda, saya bisa bisa mengunjungi Jepang tahun ini. Yes, trip ke Jepang ini menjadi perjalanan awal tahun saya yang benar-benar ngga akan saya lupain. Bukannya apa-apa, itu karena perjuangan untuk traveling kali ini luar biasa beratnya. Soal budget udah ngga mungkin bisa dikompromi lah, apalagi karena ada dua event penting yang saya ingin lakukan di Jepang, masalah budget pasti akan membengkak. Tapi selain itu karena saya harus berhadapan dulu dengan bos saya yang tadinya ngga mau kasih saya ambil cuti panjang di awal tahun hahaha. Akhirnya dengan segala jenis drama *halah lebay*, saya bisa berangkat ke Jepang juga.

Jepang mahal? Betul. Itu lagi-lagi yang selalu dikatakan orang ketika saya bilang akan pergi ke Jepang. Apalagi kali ini saya tidak pergi sebentar, saya menghabiskan 16 hari di Jepang. Bookkk ngapain segitu lamanya di sana? Hm...lagi-lagi karena korea. Yes, selain jalan-jalan, kebetulan pada saat yang bersamaan, ada Bigbang konser di Osaka dan Sung Si Kyung konser di Tokyo. Saya ngga mau ketinggalan dong, mumpung lagi di Jepang, apalagi untuk Sung Si Kyung, satu-satunya cara nonton dia konser itu adalah di Korea atau Jepang, ngga ada kemungkinan dia bakalan bikin konser di Singapura apalagi di Jakarta, ngga kaya Bigbang yang kemungkinan tahun ini akan datang lagi ke Jakarta, jadi trip ke Jepang ini benar-benar saya manfaatkan sebaik-baiknya hahaha.

Lupakan sejenak soal Bigbang dan Sung Si Kyung, karena saya akan menuliskannya dalam postingan khusus hehehe. Mari bercerita soal Jepang.

Kalau ada yang tanya soal budget?hm...terus terang untuk 16 hari perjalanan kemarin, budget saya memang sangat besar ditambah karena saya pergi juga ke Osaka dan Kyoto, bukan cuma di Tokyo aja. Tapi ada beberapa hal penting yang bisa bikin budget saya lumayan aman kali ini.

Pertama, transportasi. 
Saya ngga pake JR Pass selama di Jepang. Sebenernya setelah dipikir-pikir sekarang, agak nyesel juga sih karena kalo booking JR Pass, saya bisa jalan ke kota lain ngga cuma di Tokyo, Osaka, Kyoto aja cuma yah memang kalo kebanyakan pindah-pindah kota, nanti ngga bisa eksplore banget. So, saya memutuskan hanya 3 kota itu. Soal transport Tokyo-Osaka, saya dan teman saya benar-benar riset untuk ini. Pengennya sih nyobain Shinkansen tapi balik lagi mentok di budget. Itinerary kami selama di jepang itu kan tiba di Narita trus langsung ke Osaka karena ngejar konser Bigbang besok harinya, dan pesawat kami itu jalurnya CGK-NRT-CGK, maklum ambil tiket promo jadi cuma bisa satu jalur, enaknya sih kalo mau efektif secara biaya dan terutama waktu, buatlah perjalanan berangkat dari Tokyo, pulang lewat Osaka atau sebaliknya cuma yah balik lagi tadi saya bilang, kasus saya mentok di tiket promo yang harus PP dari tempat yang sama hehehe.
Pilihan umum dari Tokyo ke Osaka selain naik Shinkansen adalah dengan menggunakan Willer Bus. Kalau pake Shinkansen, waktu yang dibutuhkan itu hanya 2-2,5 jam, nah kalau pake Willer Bus ini memang cukup lama, yaitu 7 jam. Jadi sebaiknya memang ambil yang overnight bus. Biayanya?terus terang aja bakalan jauh banget sama Shinkansen yang one way route itu sekitar 12.000-14.000 yen, Willer Bus ini bisa setengahnya bahkan kalau ambil yang pagi, bisa cuma 2.500-4.000 yen aja. Tapi ternyata setelah browsing lagi, kami nemu satu maskapai penerbangan budget rute Narita-Kansai yang one way route-nya hanya berkisar 3.000-4.000 yen aja. Yippeeeyy!!! Jauh lebih murah bahkan dari Willer Bus di tanggal yang sama pas saya mau berangkat. Apalagi karena tujuan kita begitu sampai ke Tokyo itu emang langsung ke Kyoto via Osaka, udah deh kita tanpa ragu-ragu naik pesawat aja yang cuma makan waktu satu jam. Budget Airlines ini namanya Peach. Lucu ya? Si Peach ini base-nya emang di Osaka dan melayani beberapa rute domestik Jepang bahkan ada juga rute internasional. Selain Peach, sebenernya Jetstar juga melayani rute Narita-Kansai, tapi setelah membandingkan harga dan jadwal penerbangan, kami memutuskan untuk naik Peach ini aja. 

Sampai di Kansai airport, kita langsung naik kereta ke Kyoto dan karena ngga mau ribet dan udah capek dengan perjalanan Jakarta-Tokyo sebelumnya, kami naik kereta cepat yang menghubungkan Kansai airport dengan Kyoto namanya kereta Haruka. Dan karena besokannya kita mau jalan-jalan di Kyoto-Osaka, maka kita beli paket ICOCA-HARUKA supaya ngga ribet. Jadi selain beli tiket Haruka, kalo beli ICOCA maksudnya kita bisa tinggal tap kartu itu aja buat bayar, bahkan di beberapa convenience store juga udah pake ICOCA. Kartu ini sistemnya kaya T-Money di Korea atau EZ-Link di Singapura. Kalo abis, yah tinggal reload lagi aja. Praktis dan ga repot. Oia, ICOCA ini cuma bisa dipake di sekitaran Kansai aja sih (Osaka, Kyoto, Nara, Kobe) yang dilalui sama JRWest. Jadi kalo di Tokyo pake kartunya itu SUICA. Kalo misal PP Narita-Kansai-Narita kaya saya, mending beli sekalian tiket Harukanya yang return karena lebih murah dibanding beli sendiri-sendiri. Jadi soal itinerary emang kita harus rada strick banget di Jepang kalo ngga mau keluar budget banyak karena sebenernya menurut saya yang paling mahal di Jepang itu adalah transportasinya. Untuk metro, subway, bis dll minimal kita harus mengeluarkan 100-150 yen untuk jarak paling dekat atau sekitar Rp.12.000-15.000. Lumayan banget kan?makanya saya sih perhitungan banget soal ini, kalo ngga kepaksa-kepaksa banget, saya mending jalan dari satu tempat ke tempat lain walopun menggigil kedinginan hahaha. Jadi daripada keabisan duit karena nyasar-nyasar naik transportasi umum, kita harus tau dulu ke mana aja kita akan pergi, berapa jaraknya, naik apa, turun di mana, dll karena kalo ngga nyasar (walopun ini ngga bisa dihindari dan kemarin saya kebanyakan nyasarnya justru di...stasiun untuk pindah kereta dari line satu ke line yang lain hahaha). Ah iya, download juga aplikasi Hyperdia atau Japan Rail buat tau rute, biaya, bahkan waktu realtime kereta di Jepang. Ini beneran ngebantu banget deh. 

Kedua, Akomodasi. 
Seperti biasa, saya selalu memilih hostel atau guesthouse untuk menginap. Tapi kali ini bersama teman saya, kami pengen nyobain juga AirBnB untuk di Kyoto. Pertimbangannya?karena lebih murah aja kalo dibagi bertiga dan tempatnya dekat dengan Golden Temple yang akan kami kunjungi hehehe.
Yup, kalo jalan agak banyakan, AirBnB mungkin pilihan yang tepat karena bisa sharing. Tapi harus bener-bener diperhatikan soal lokasi karena ngga jarang harga AirBnB memang lebih murah cuma lokasinya jauh dari mana-mana jadi yah kalo diitung sama transportasi sama aja, apalagi di Jepang. Utamakan buat cari tempat nginep itu yang dekat dari stasiun. Lain di Kyoto, lain juga di Osaka. Kami menginap di Koma Guesthouse pertimbangannya karena dekat dengan Kyocera Dome Osaka tempat Bigbang konser, jadi kalopun pulang malem abis konser, ngga khawatir buat jalan :) eh ada bonusnya pula di Koma Guesthouse ini, yang punya ganteng hahaha jadi aja saya sama teman-teman saya ngecengin si abang Shin inih :p
Kami cuma nginep semalem di Koma Guesthouse karena besoknya Sitta dan Rei langsung ke Tokyo naik Willer Bus dan akan bermalam di perjalanan. Kalo saya?akhirnya pindah tempat nginep di Hotel Kaga. Yes, namanya sih Hotel tapi murah kok, cuma 1.500 yen aja. Kamarnya sendiri, ngga shared kaya di hostel, tapi kamar mandi shared sih walopun dipisah antara male dan female. Sampe di Hotel Kaga ini udah agak malem karena sebelumnya saya masih nonton konser jadi rada bingung juga waktu nyari-nyari hotel ini. First impression pas masuk hotel kok nyeremin, mana yang nganter saya ke kamar juga agak-agak serem, tampangnya kaya psikopat di pelem-pelem gitu. Si conciergenya bilang kalo mau ke kamar mandi, harus naik satu lantai atau dia menawarkan untuk mandi di public bath deket situ for free. Errr karena udah malem banget, saya bilang aja kayanya besok aja deh saya mandinya hahaha. Naiklah langsung saya ke lantai 5. Begitu lift dibuka, keliatan lorong aja gitu, sepi...yah mungkin karena udah malem juga sih tapi tetep bulu kuduk saya berdiri dan langsung inget cerita memetwit mba Claudia Kaunang pas di Jepang hiiyy. Begitu masuk kamar, hm...kamarnya oke sih. Cukup nyaman, ada heater dan TV juga. Tidurnya di atas tatami ala Japanese Room gitu. Oke ga ada masalah, walopun tetep kepikiran lorong yang sepi itu. Untuk menghilangkan rasa takut, saya nyalain TV aja. Berharap ada program TV yang oke yang bisa saya tonton sampe ngantuk. Ternyata cuma ada TV lokal dan isinya ga saya ngerti. Terus, yang bikin saya kaget, pas lagi switch remote gitu, ada stasiun tv yang nayangin film bokep dong...HAHAHA anjrit saya shock tapi sambil ngakak gitu. Gilaaaa, ini kan tv lokal, kok ada yang nayangin kaya beginian di tv lokal? Ah saya lupa, ini Jepang di mana industri seperti ini memang eksis. Saking shocknya saya langsung tidur aja, sambil dengerin musik dari HP saya. Besok paginya ketika saya bangun, saya penasaran dengan stasiun tv yang tadi malem nayangin film bokep itu. Saya nyalain tv, apa emang tayangan itu cuma malem aja?dan begitu saya klik remote, ternyata masih aja dong HAHAHA oke saya ngerti, jadi isi stasiun tv yang satu ini emang film beginian semua XD.

Di Tokyo, kami menginap di hostel jaringan Khaosan di Asakusa. Si Khaosan ini punya beberapa cabang hostel di Jepang dan kami menginap di Khaosan World yang ngga jauh dari Sensoji Temple Asakusa. Harga per malam, per bed di female dorm untuk 8 orang ini adalah 2.500 yen. Oke banget deh dengan fasilitasnya. Kamar mandi walopun shared tapi tersedia di dalam kamar. Dapur juga bersih dengan peralatan yang lengkap. Kalo mau nyuci ada mesin cuci dan dryer walopun berbayar tapi masih okelah, wifi kenceng dan ada PC juga yang bisa dipake, trus enaknya cari makanan gampang. Paling sering sih mampir di supermarket atau mini market beli bento gitu dan tinggal diangetin aja karena ada microwave juga di dapurnya. Emang sih Asakusa ini agak jauh dari pusat kota tapi lebih deket ke Narita, Tokyo Skytree, dan Ueno. Tempatnya emang agak gede jadi kadang kalo di dining room lagi pada ngumpul semua, kita agak susah buat dapet duduk kalo mau makan. Selama 11 hari di Tokyo saya ngga cuma nginep di Khaosan, 7 malamnya saya habiskan di Yadoya Guesthouse daerah Nakano. Pertimbangan pindah? lebih murah dan lebih dekat dengan Shibuya tempat saya akan nonton konser Sung Si Kyung hahaha. Yadoya Guesthouse ini emang ngga senyaman Khaosan World tapi masih oke lah, dekat stasiun Nakano, dekat dengan Shin-Okubo (korean town di Tokyo *penting*), Shinjuku, Shibuya dan Harajuku. Nah, pertimbangan lokasi ini yang kemudian memutuskan saya untuk pindah selain harganya lebih murah yaitu 2.200 yen, yah secara harus berhemat banget selama di jepang hahaha.

Ketiga, Makanan.
pic: sitta
Sebenernya yah, harga makanan di Jepang termasuk masih masuk akal menurut saya apalagi dengan porsi yang besar dan kalo travelingnya banyakan, bisa dishare gitu. Harganya bahkan beberapa lebih murah dibanding harga makanan di resto di mall di Jakarta sekitar 300-600 yen apalagi di setiap resto udah dikasih minum jadi ngga perlu beli minum terpisah lagi. Rata-rata sih seperti yang saya udah singgung di atas, saya beli bento di convenience store gitu. Apalagi kalo agak malem dikit, bento-bento itu suka didiskon. Jadi kadang saya sengaja makan malamnya di atas jam 8 gitu buat beli bento yang didiskon hehehe. Buat penggemar sushi, tentu aja makan sushi di jepang adalah surganya. Saya ngga sempet nyobain sushi yang di conveyor belt gitu sih, cuma sushi biasa dan itu juga udah enak banget. 
Susah cari makanan halal?hm, mungkin sedikit iya. Tapi saya bukan tipe pemilih makanan banget jadi selama itu beef atau chicken sih saya embat aja. Ada bahkan yang lucu, satu malem saya udah sampe hostel duluan dan belum beli makanan. Saya sms Sitta yang waktu itu masih ada di luar buat nitip makanan. Dia beliin saya udon yang tinggal saya tambahin air panas trus masukin bumbu untuk dimakan. Besoknya Rei bilang kalo tu udon, bumbunya mengandung babi dan lupa bilang ke saya. Untung dia bilang besoknya. Komentar saya: Pantesan enak HAHAHA yah Allah juga maha tau deh, kan ngga sengaja :p
Kalo mau bener-bener aman sih yah harus cari restoran halal. Ada banyak sebenernya resto India, Pakistan atau Turki di Jepang, apalagi di daerah turis. Tapi saya ngga terlalu suka sama makanan india yang berbumbu gitu jadi paling pilihan saya kalo ngga bento yah Yoshinoya dan Sukiya aja. Atau karena kemarin di hostel bisa masak, beberapa kali saya malah bikin nasi goreng atau sunny sides up buat makan. Udah pasti aman dan hemat ^^

Ah iya sempat lupa. Selama traveling saya selalu tetap menggunakan provider dari Indonesia dan ngga pernah beli simcard baru atau sewa HP. Begitupun selama di Jepang, saya mengandalkan wifi gratisan aja. Banyak yang bilang kalau Jepang itu termasuk negara yang ngga ramah wifi tapi kalau saya perhatikan, sekarang udah banyak kok penyedia jasa wifi gratisan terutama buat turis selama di sana. Kemarin ini saya daftar wi2 premium yang bisa dipakai untuk 7 hari. Jadi pemerintah jepang itu kasih fasilitas wifi untuk wisatawan dari negara-negara ASEAN. Harusnya sih jasa ini ditutup sejak tanggal 27 desember lalu tapi ternyata begitu saya register eh masih bisa kok hehehe. Yang mau ke Jepang, silakan daftar dulu WI2 di sini tinggal isi data-data, nanti mereka akan kirimkan id serta password via email. WI2 premium ini sinyalnya menyebar di mana-mana jadi lumayan banget, ga cuma di Tokyo tapi juga ke Kyoto dan Osaka. Selain itu di beberapa fasilitas publik juga ada free wifi seperti di stasiun JR East, Tokyo Metro serta bandara Narita dan Haneda. Jadi selama jalan kemarin soal internet ngga terlalu susah kok, di hostel sudah pasti tersedia free wifi yang kenceng. Lagian sebenernya sih yah menurut saya, kalo lagi jalan-jalan, ngga usah terlalu terhubung dengan dunia maya, kalo terus-terusan sibuk sama HP, malah ngga bisa nikmatin perjalanannya hehehe yes, just enjoy your journey ok!

Commentaires

  1. kaskuser nih sist, dapet blog nya dari trit jepang di kaskus hehe
    ijin nimba ilmu ya, moga bisa ke jepang dengan lancar

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Hehehe iya, arigatou udah mampir. Silakan...kalo ada yg mau ditanya jg boleh, semoga bisa segera ke jepang!

      Supprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés