just my thought...

Kenapa saya seneng traveling? Karena saya bisa belajar banyak hal tentang hidup, tentang apapun, bahkan tentang hal-hal yang ngga bisa saya dapatkan di bangku sekolah ataupun hanya dari membaca dan browsing di internet aja.
Traveling itu bikin saya jadi orang yang berpikiran luas, lebih empati sama sekeliling dan bisa bikin saya merasa jadi manusia seutuhnya.

Saya suka cerita sama orang tua saya soal traveling atau orang-orang di sekitar saya yang juga jadi travel junkie. Orang tua saya sebenernya ngga keberatan dengan hobi saya yg satu ini walaupun pernah saya utarakan bahwa saya ingin mengikuti jejak Mba Trinity yang sekarang lg jalan2 setaunan keliling dunia... yah walopun mungkin niatan saya ngga seekstrim itu *Mungkin cuma sebulan keliling indo-china* tapi ketika saya mulai mengutarakan niat ini, saya melihat ada gurat tidak setuju dari orang tua saya terutama Papa saya.

Papa saya bilang masih ada hal yang jauh lebih penting dibanding jalan-jalan. Buang2 duit katanya hahaha yah saya bilang prioritas orang kan beda-beda. Bagi saya saat ini, jalan-jalan sudah masuk ke bagian terpenting dalam hidup. Tentu saja saya masih melihat juga sekeliling. Maksud papa saya, ada banyak tujuan hidup yg lebih penting dibanding jalan-jalan. Beli rumah, kendaraan, naik haji... yah saya juga pengen sih tapi ga banget2 kecuali yang terakhir.

Tapi yang pengen saya share di sini itu tentang betapa pentingnya traveling. Banyak orang yang pintar tapi berpikiran sempit karena dia jarang jalan-jalan. Ngga melulu harus ke luar negeri yah... indonesia juga banyak banget tempat bagus yang ingin saya kunjungi. Banyak orang yang duitnya mungkin sangat lebih banyak dari saya tapi ga mampu atau lebih tepatnya ga mau menyisihkan uangnya buat traveling. Saya kadang sering dibilang "gaya " atau "tajir " karna sering traveling. Padahal yah... hampir setengah dari penghasilan yg saya dapatkan, yah buat jalan-jalan itu.

Apa saya ngga ngerasa nyesel? ngga tuh! semua yang saya dapetin selama jalan iti priceless banget buat saya. Nyesel juga sih karena saya baru mulai jalan pas kerja. Kenapa ngga dari dulu pas kuliah juga? padahal dulu saya udah mulai magang dan juga ngajar private. Yang artinya saya udah punya penghasilan tapi ngga saya manfaatkan sebaik-baiknya. Cuma abis buay makan, nonton, beli baju dll hahaha
Jadi... buat yang masih muda dan masih punya banyak waktu luang, coba sisihkan duit kalian itu buat traveling. Dijamin nyandu deh... hehehe

Yang pasti kalo mau jadi orang yg open minded dan ketemu banyak kenalan baru, coba deh Jalan...ga nyesel ^^

*ditulis di tengah-tengah kemacetan Jakarta *

Commentaires

Articles les plus consultés